Optimalisasi Sistem HR di Perusahaan

Kunci keberhasilan perusahaan adalah kemampuan untuk mengatur, mengembangkan, & memelihara sumber daya manusia sebagai aset. Manajemen sumber daya manusia adalah proses pengelolaan Sumber Daya Manusia sebagai aset dengan tujuan utama untuk mencapai visi & misi perusahaan secara optimal.

Keberhasilan HRD dalam mengoptimalkan peran human capital di dalam perusahaan adalah mampu melihat fungsi Sumber Daya Manusia, proses & prosedur  pengelolaan sumber  daya  manusia  yang dijalankan dengan efektif, teratur, dan sistematis.  Keteraturan sistem HRMS menjadi modal dasar dalam aplikasi fungsi HR di dalam perusahaan.

Dalam penerapan sistem HR secara optimal, maka hal-hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan optimalisasi fungsi HR diantaranya: melakukan penyusunan SOP HR, analisa jabatan (Anajab), menyusun job deskripsi, penetapan dan penyusunan kamus kompetensi jabatan (KKJ), penerapan sistem penilaian kinerja berbasis KPI (Key Performance Indicator), melakukan training need analysis (TNA), penyusunan sistem remunerasi, penerapan rekrutmen berbasis manajemen talenta, penerapan harmonisasi hubungan industrial.